FORMULA MONEY

IF YOU WANT TO START & SUCCEED IN YOUR OWN BUSINESS, YOU SHOULD FIRST OF ALL ASK YOURSELF...

Berapa dana yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan investasi?Berdasarkan keterangan menteri keuangan sekaligus pelaksana jabatan menko perekonomian Sri Mulyani Indrawati dalam rapat kerja komisi X DPR RI,senin 24 Agustus 2009 disebutkan bahwa untuk mendorong pertumbuhan investasi 6,3% pada tahun 2010 dibutuhkan dana Rp. 1.631 trilyun.Sumber dananya diharapkan dari swasta,baik domestik maupun luar negeri,yakni Rp. 450 trilyun atau 27,59% dari total kebutuhan.

Dari mana mendapatkan sumber pembiayaannya?Ada 7 sumber pertumbuhan investasi 2010:
1. Anggaran belanja modal pemerintah senilai Rp. 198 trilyun.
2. Anggaran belanja modal badan usaha milik negara(BUMN) sebesar Rp. 182 trilyun.
3. Kucuran kredit dari perbankan nasional Rp. 297 trilyun.
4. Laba ditahan dari perusahaan yang diharapkan mencapai Rp. 153 trilyun.
5. Pasar modal Rp. 188 trilyun.
6. Penanaman modal asing dan penanaman modal dalam negeri Rp. 450 trilyun.
7. Sumber investasi lainnya,antara lain dari investasi rumah tangga Rp. 162 trilyun.

Kondisi pendukung pertumbuhan investasi ada 3,yaitu:
1. Niat perbankan untuk mengucurkan kredit.
2. Dukungan pasar modal.
3. Pertumbuhan import.

Saat ini perbankan sudah menunjukan kecenderungan untuk menurunkan suku bunga kredit,sehingga diharapkan akan menumbuhkan minat investasi.Akan tetapi,Import (bahan baku dan barang modal untuk kegiatan produksi)belum bisa diandalkan karena kondisi perekonomian global yang belum pulih.

“ namun,dengan pemulihan pasar modal dan kredit perbankan,saya memperkirakan peluang investasi tumbuh di kisaran 6-8% bisa terjadi.Jika itu tercapai,pertumbuhan ekonomibisa terdorong ke 5,5%.” ujar Sri Mulyani.

Dukungan infra struktur.

Untuk pertumbuhan investasi perlu didukung dengan infra struktur yang baik.Kondisi infra struktur yang buruk bisa jadi faktor perlemahan investasi.

Hubungannya dengan perluasan kesempatan kerja.

Pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan mencapai 5% pada tahun 2010 diperkirakan dapat menciptakan 1,875 juta lapangan kerja baru.Dengan catatan,setiap 1% pertumbuhan ekonomiakan menciptakan 375.000 lapangan kerja baru.Sumber bacaan Bisnis dan Keuangan,Kompas 25 Agustus 2009 hal 18

0 komentar:

Posting Komentar