FORMULA MONEY

IF YOU WANT TO START & SUCCEED IN YOUR OWN BUSINESS, YOU SHOULD FIRST OF ALL ASK YOURSELF...



Setiap orang atau pelaku usaha mengharapkan usahanya semakin besar, namun hal tersebut dalam perjalanannya tidak selalu mudah dan memerlukan pengorbanan yang besar untuk berkembang.

Jangan Berhenti dengan Kepuasan
Banyak kejadian dialami oleh perusahaan dimana pemimpinnya atau pemilik perusahaan merasa puas dan merasa nyaman karena perusahaannya telah menghasilkan uang. Posisi demikian lambat laun akan ketinggalan oleh competitor yang setiap waktu akan mengejar dan melewati perusahaan sejenis.

Menikmati Keuntungan Sejenak
Beberapa tahun silam, perusahaan logam di Jawa Tengah menikmati keuntungan dengan membuat beberapa komponen penunjang kebutuhan pabrik-pabrik besar, ratusan home industry tumbuh dan menikmati masa kejayaan.

Kemunduran Usaha

Dari beberapa perusahaan home industry yang tumbuh dan berkembang hanya beberapa saja, kemunduran indutri disebabkan antara lain:
1. Kesulitan bahan baku
2. Tidak ada rencana reinvestasi dan tergoda oleh kehidupan konsumptif. Mereka memilih konsumsi dari pada reinvestasi.
3. Kurang menyerap kemajuan tekhnologi sehingga keterampilan mereka menjadi ketinggalan, sementara tekhnologi berkembang terus.

Menciptakan Nilai (Value Creation)
Menciptakan nilai dapat dilakukan dengan cara:
1. Meningkatkan manfaat serta penggunaan produk melalui perbaikan kualitas, fungsi atau pencitraan.
2. Memperbaiki struktur biaya melalui produksi, efisiensi dan cara-cara lainnya, pada intinya perlu mempertimbangkan adanya perubahan dalam sikap dan pemikiran.

Value creation adalah perubahan yang sangat mendasar. Membuat sesuatu produk baru dengan harga yang lebih murah dan bisa bersaing dengan produk lainnya, hal tersebut lambat laun akan menimbulkan budaya mencipta sekaligus budaya efisiensi. Perubahan adalah bagian dari bisnis itu sendiri, perusahaan merasa tidak puas terhadap sebuah produk dan terus melakukan pembaharuan agar dapat menghasilkan hasil yang optimal.

0 komentar:

Posting Komentar