FORMULA MONEY

IF YOU WANT TO START & SUCCEED IN YOUR OWN BUSINESS, YOU SHOULD FIRST OF ALL ASK YOURSELF...



Kemajuan Dimulai Dari Yang Kecil
Harian Seputar Indonesia, Minggu 25 April 2010 halaman 2, mengulas hal untrepreneur tentang kemajuan Es Dawet Cah Mbanjar. Citra Puspasari (26) memulai usaha Es Dawet Cah Mbanjar pada tahun 2006, yang diawali dengan kegemarannya minum minuman dingin, suka minum es. Sambil minum dia suka bertanya-tanya kepada penjual mengorek informasi seputar minuman tersebut. Hingga akhirnya dia bisa ketemu dengan bos pemilik es penjual dengan gerobak.

Kemandirian Usaha Membawa Kemajuan
Mulai jualan sendiri tahun 2006, secara bertahap terus berkembang. Mendekati akhir 2007 dia mencoba membeli bumbu dan alat produksi dari pemilik es dengan modal sebesar Rp. 50 juta, dia bisa memiliki mesin adonan cendol, gula dan kelapa sendiri. Dia ikut serta dalam berbagai pameran dan meraih penghargaan Bank Sumut Usaha Makro Kecil (UMK) Award, usahanya makin maju dia memiliki 170 gerobak, pemasarannya sudah meluas ke kota-kota besar khusus di Medan saja ada 40 gerobak. Peluang bisnis masih terbuka luas dengan keuntungan Rp. 50.000,- per gerobak dalam satu hari.
Inilah salah satu keberhasilan usaha dari pelaku Usaha Makro Kecil (UMK) yang diharapkan menjadi inspirasi bagi pelaku usaha lainnya untuk berkembang dan lebih maju.

(Selected Reading: MYELIN, Reinald Kasali, PT Gramedia Pustaka Utama, 2002, hal 198-200; Seputar Indonesia, Minggu 25 April 2010 hal 2)

0 komentar:

Posting Komentar