FORMULA MONEY

IF YOU WANT TO START & SUCCEED IN YOUR OWN BUSINESS, YOU SHOULD FIRST OF ALL ASK YOURSELF...

Pendahuluan
Kuatnya pasar domestik dan pertumbuhan ekonomi Indonesia masih memberikan peluang untuk mengisi dengan produk-produk berkualitas.

Indonesia dengan penduduk mencapai 240 juta jiwa (25 juta jiwa berdomisili di Jabotabek) memberikan peluang emas bagi pelaku bisnis yang mempunyai kreatifitas menciptakan Pasar.

Membicarakan produk dalam negeri tidak hanya produk kerajinan tetapi juga banyak potensi produk kreatif yang dapat dikembangkan. Melalui Pendidikan Kejuruan Pelatihan dan Pemanfaatan Peluang, ada bidang-bidang yg bisa digarap dan dikembangkan. Ada 14 sub sector yang merupakan prioritas dan mewakili keseluruhan industri kreatif, yaitu :


- Periklanan
- Penerbitan
- Percetakan
- TV dan radio
- Film,
- Video
- Fotografi
- Musik
- Seni Pertunjukan
- Arsitektur, Desain, Fesyen
- Kerajinan, Pasar Barang Seni
- Permainan Aktif
- Layanan Komputer dan Peranti Lunak
- Penelitian dan pengembangan


Industri Kreatif tersebut diharapkan menjadi pilihan yang memberikan kontribusi utama pertumbuhan ekonomi Indonesia selain Pertanian, Minyak, Gas, dan Manufacture. Bagi pelaku bisnis yang perlu dikembangkan adalah masalah kualitas dan pelayanan kepada konsumen karena pada dasarnya konsumen akan mencari produk yang berkualitas. Setelah konsumen yakin akan kualitas barangnya baru ia akan mempertimbangkan untuk membeli produk tersebut, misalnya dalam hal memproduksi produk makanan, produsen harus bisa menjelaskan tentang kandungan gizi dan manfaat produk sehingga konsumen benar-benar yakin.

Pada tingkat yang lebih canggih lagi, produk makanan harus melewati pengujian HACCP (Hazard Analysis and critical Control Points) yang menjamin keamanan kualitas produk. Menteri Perdagangan Maria Elka Pangestu pada saat pencanangan Tahun Indonesia Kreatif, industri tersebut menyumbang 6,3 persen dari produk domestik bruto, menyerap 5,4 persen Tenaga Kerja, dan berkontribusi 9 persen dari total nilai Ekspor Nasional.

Pesan ini disampaikan oleh Erias Sumarna. Jakarta 25 Juni 2009
(Sumber Bacaan Harian Kompas, Kamis, 25 Juni 2009 halaman 24, Inspiratorial Produk Kreatif.)

0 komentar:

Posting Komentar