FORMULA MONEY

IF YOU WANT TO START & SUCCEED IN YOUR OWN BUSINESS, YOU SHOULD FIRST OF ALL ASK YOURSELF...



Some Understanding Of Individual Differences
Tidak heran dan pernah terjadi dalam organisasi perusahaan atau organisasi lain terjadi perbedaan pendapat, dan mengarah kepada konflik yang bisa menghambat kemajuan organisasi itu sendiri, kenapa demikian..? karena pada dasarnya organisasi terdiri dari berbagai kumpulan orang-orang dengan berbagai tipe pengalaman dan pendidikan, bergabung dalam satu kumpulan lebih besar (People are a resource common to all organization).

Dalam bahasa personalia, setiap orang berbeda dalam hal persepsi (perceptions), kepribadian (personalities), pengalaman hidup (life experiences), perbedaan kemampuan (different capabilities) dan perbedaan sikap kepercayaan dan aspirasi (different attitude, beliefs, and aspiration level).

Hubungan antara individu dan grup dalam organisasi menciptakan berbagai harapan. Harapan tersebut dapat dituangkan dalam berbagai aturan yang mesti dilaksanakan. Peranan dalam organisasi tentu tidak sama, ada yang berperan sebagai pemimpin (The role of leader) sedang yang lainnya sebagai pengikut (the role of follower).

The Basis For Understanding Behavior
Dalam hal adanya perbedaan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain:
1. Menyelidiki perbedaan (Observe and recognize the differences)
2. Mempelajari hubungan berbagai variable yang mempengaruhi perilaku (study relationships between variables that influence individual behavior)
3. Menentukan hubungan (Discover relationship)

Abilities And Skills
Terjadinya konflik bisa juga pimpinan salah menempatkan orang, dan tidak berdasarkan kemampuan dan keahlian. Karena itu perlu diusahakan agar penempatan orang disesuaikan dengan kemampuan, keahlian, dan kebutuhan (Job requirements).
Untuk mencapai hasil dari tugas pekerjaan perlu dilakukan analisa pekerjaan, yaitu suatu proses untuk menentukan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan tanggung jawab pendidikan dan latihan (Specifying the responsibilities, education, and training needed to perform the job successfully).

Manage Your Staff Well
Begitu pentingnya masalah personalia, perlu diadakan pengelolaan para staf secara baik dengan cara memotivasi mereka sehingga secara bersama mampu mengatasi berbagai persoalan perusahaan dan berbagai tantangan persaingan yang makin ketat.

Hal-hal Lain
Mengingat adanya berbagai konflik di perusahaan berbeda dan penyebabnya banyak, mungkin teman-teman, para sahabat mempunyai pengalaman dalam mengatasi konflik secara baik, mulus, dan damai. Silahkan Sharing, berbagi pengalaman.


(Selected Reading: John M. Ivancevich, Michael T. Matteson, Organizational Behavior and Management1987; Benjamin B. Tregoe, John W. Zimmerman; Top Management Strategy; 1980)

0 komentar:

Posting Komentar