FORMULA MONEY

IF YOU WANT TO START & SUCCEED IN YOUR OWN BUSINESS, YOU SHOULD FIRST OF ALL ASK YOURSELF...



Membuat Citra Diri Menarik
Michael Salmon dalam bukunya berjudul Super Net Working For Sales Professionals, Sistem jitu untuk melipat gandakan hasil penjualan Anda, Penerbit PT. Buana Ilmu Populer tahun 2005 halaman 95-103 menguraikan hal-hal yang penting dilakukan dan yang tidak perlu dilakukan.

Penting Dilakukan
Tersenyum, Menatap Mata, dan Ulurkan Tangan Terlebih Dahulu
Anda tentu ingin mengatur suasana yang tepat dan memulai percakapan secara positif, ramah, dan professional.

Ajukan Pertanyaan dan Berusaha mengenal Orang
Orang senang berbicara tentang dirinya sendiri. Dengan menunjukkan minat tulus, Anda akan mengenal banyak hal tentang mereka dan mulai memperoleh kepercayaan mereka. Juga, mereka akan mulai menyukai Anda karena berpikir Anda memiliki minat yang sama.

Ingat Elevator pitch Anda
Hal ini sepele namun penting. Ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik pada orang lain dan tidak hanya berusaha membagikan sebanyak mungkin kartu nama.

Membuat Catatan Ketika Menerima kartu nama
Setelah Anda bertemu seseorang dan bertukar kartu nama, lanjutkan dengan menulis catatan pendek dibelakang kartu. Anda mungkin ingin mencatat sesuatu tentang percakapan Anda, minat (misalnya “menyukai permainan golf”) atau hubungan, pokok-pokok tindak lanjut, perawakan, atau janji yang Anda buat dengannya. Jika anda pergi ke pertemuan atau pamerandagang dan kembali ke kantor dengan setumpuk kartu, mustahil untuk mengingat setiap percakapan dan mencocokkannya dengan nama di kartu nama. Membuat catatan akan membantu.

Menjalin Perkenalan
Jika anda bertemu seseorang untuk pertama kali dan memulai percakapan, atau mungkin berjumpa dengan seorang teman yang dapat memperkenalkan Anda kepada seseorang yang Anda ingin temui, mintalah diperkenalkan, seperti yang dilakukan George. Ingat: perkenalan yang hangat lebih baik dari pada mendekati seseorang dengan dingin. Jika ada kesempatan, tawarkan untuk membalas kebaikannya. Perkenalan yang hangat memberi kepercayaan sementara kepada Anda. Apa yang terjadi setelahnya terserah kepada Anda.

Sikap, Sikap, Sikap
Orang dapat merasakan suasana hati Anda, baik ketika bertatap muka atau bertelepon. Orang cenderung condong kepada orang yang positif. Sikap positif Anda menular, menjalar, dan membantu menciptakan kesan pertama yang sangat baik. Jika anda berkecil hati, khawatir, gelisah, atau marah, atau kebingungan, lawan bicara Anda dapat merasakannya. Hadirlah pada pertemuan atau melakukan pembicaran telepon hanya pada saat anda merasa positif dan bersemangat, dan belajarlah mampu mengendalikan diri dan mengubah sikap secara cepat agar Anda tidak tersandera oleh sikap Anda sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar