FORMULA MONEY

IF YOU WANT TO START & SUCCEED IN YOUR OWN BUSINESS, YOU SHOULD FIRST OF ALL ASK YOURSELF...



Perhatikan Zona
Bercampurnya kegiatan yang berbeda tentunya akan menimbulkan ketidak nyamanan kedua belah pihak. Kedua jenis kegiatan tersebut (usaha dan tinggal) seharusnya tidak saling mengganggu. Secara prinsip, pembagian zona atau area pada sebuah rumah tinggal terbagi menjadi dua bagian, yaitu zona umum/public, dan zona pribadi/private. Namun diantara zona tersebut terdapat zona peralihan, yang disebut sebagai zona semi umum/public atau zona semi pribadi/private.

Zona Umum
Ruangan yang terdapat pada zona umum adalah ruangan yang paling tepat untuk dijadikan ruang usaha, di samping adanya ruang tamu untuk kegiatan rumah itu sendiri. Zona umum adalah area dimana aktivitas orang luar yang berlalu lalang di area tersebut.

Zona Semi Umum
Zona semi umum pada umumnya merupakan area dimana keluarga melakukan interaksi dan berkumpul. Oleh sebab itu area ini cocok untuk dipergunakan sebagai ruang keluarga atau ruang makan.

Zona Pribadi
Zona pribadi merupakan area dimana masing-masing anggota keluarga melakukan aktivitas secara pribadi, seperti istirahat, atau tidur.

Ruang Peralihan
Ruang pertemuan antara setiap zona tadi merupakan sebuah “ruang peralihan” atau “ruang penghubung” antara zona umum dengan zona semi umum dan zona pribadi. Untuk itu di area ini dapat ditempatkan ruangan-ruangan seperti kamar mandi, WC atau “powder room”, dapur dan ruang service.

Menambah Ruang Usaha di Rumah
Untuk membuka usaha butik di rumah yang memiliki bebrapa karyawan, berikut beberapa hal yang harus dicermati saat renovasi. Kompas, Properti, Kamis 18 Februari 2010, halaman J.

1. Tempat ruang untuk usaha di bagian depan rumah, karena karyawan dan pelanggan yang datang langsung masuk ke ruang usaha tersebut tanpa mengganggu aktivitas penghuni rumah.
2. Pisahkan jalur sirkulasi antara penghuni rumah dengan karyawan atau pelanggan dengan membuat pintu masuk tersendiri.
3. Buat kamar kecil atau WC untuk para karyawan atau pelanggan yang terpisah dari kamar mandi penghuni.
4. Ruang usaha yang baik harus memiliki pertukaran udara dan pasokan sinar matahari yang baik demi kenyamanan dan kesehatan.

Demikian penjelasan singkat, semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin membuat usaha di rumah.

(Selected Readings: Tabloid Serial Rumah, Renovasi, halaman 4-8; Kompas, Properti, Kamis 18 Februari 2010, halaman J)

0 komentar:

Posting Komentar