FORMULA MONEY

IF YOU WANT TO START & SUCCEED IN YOUR OWN BUSINESS, YOU SHOULD FIRST OF ALL ASK YOURSELF...



Obrolan Sentul dengan Tenaga Instruktur.

Teman saya Mr. Karim, telah bekerja lebih dari dua puluh lima tahun di bidang Instruktur Modifikasi Pesawat. Pada zaman dulu gaji seorang Instruktur sangat terbatas, sedangkan pengeluaran dari waktu ke waktu mengalami peningkatan. Pendapatannya hanya cukup hidup untuk menutupi kebutuhan harian, karena itu ia berpikir bagaimana dengan uang yang sedikit hidup tercukupi.

Penyusunan Anggaran

Selama ini Mr. Karim menganggap anggaran itu tidak begitu penting, namun dari bulan ke bulan pengeluaran kecil-kecil sering tidak tercatat sehingga tidak terasa persediaan uang habis tidak menentu. Untuk itu dia sebagai Kepala Keluarga mengadakan perundingan dengan istri dan tiga anaknya untuk menyusun satu anggaran, penyusunan anggaran merupakan langkah-langkah positif untuk menentukan besarnya alokasi biaya dan merealisasikan rencana yang telah disusun.

Fungsi Anggaran


Kata Sentul: Kehidupan rumah tangga diibaratkan suatu organisasi dalam ruang lingkup keluarga. Anggaran dapat berfungsi sebagai alat untuk perencanaan dan pengendalian, dan sebagai alat ukur keberhasilan mencapai sasaran. Dengan demikian anggaran mempunyai manfaat sebagai alat penaksir dan alat kontrol pengeluaran dana. Fungsi yang paling penting dalam pengendalian adalah apakah ada efisiensi yang dilakukan; apakah realisasi biaya melebihi yang ditetapkan; apakah terjadi pemborosan.

Pemanfaatan Dana Secara Efisien

Perlunya penyusunan anggaran antara lain: untuk mengetahui sejauh mana alokasi dana dilakukan secara efisien, bagaimana mengalokasikan dana secara tepat, apakah telah diadakan skala prioritas.

Perlunya Pengawasan Anggaran


Ada beberapa kegiatan pokok dalam pengawasan, yaitu: memantau, menilai, kemudian menganalisa dan membuat kesimpulan dari hasil kegiatan tersebut. Hasil dari pemeriksaan merupakan rekomendasi dalam rangka perbaikan kinerja organisasi, termasuk organisasi dalam kehidupan rumah tangga,walaupun organisasi skala kecil.

Kenapa Sering Terjadi Over Budget…?


Sahabat Sentul yang terhormat, kenapa selalu terjadi over budget di rumah tangga kami, kata teman Sentul dengan muka agak serius. Oh begitu, ane sih bukan ahlinya, tapi berdasarkan pengalaman, biasanya nafsu besar tenaga kurang, ha…ha…ha. Jadi kalau Anda berpenghasilan Rp.1.000.000,- sebulan, pengeluaran paling tinggi Rp.600.000,- ; Jangan sebaliknya pendapatan Rp.1.000.000,-, pengeluaran Rp.1.500.000,-, nah dari mana nutup ketekorannya? Mau korupsi….? Ach jangan, nanti kena tangkap KPK. Lebih baik kerja jujur, hidup hemat dan sederhana. Ini sih pendapat orang awam. Kalau secara teori ekonomi, Sentul akan minta bantuan saran dari pakar ekonomi yang sering tampil, ha…ha…ha…

Sentul Mohon Bantuan Pakar Keuangan
Untuk memberi penjelasan secara teoritis masalah anggaran, Sentul mengharapkan bantuannya bisa secara rinci dan mendalam cara mengatasi over budget, tapi apa mungkin ada konsultasi keuangan gratis …? Sentul yakin masih ada sukarelawan menolong orang kecil.

Pertanyaan lain, kenapa dalam Perusahaan atau suatu Instansi kadang-kadang terjadi over budget, mungkin Anda dapat membantu memberikan solusi yang lebih baik, sehingga pengeluaran tidak melebihi penerimaan yang sudah dicantumkan dalam anggaran.
Salam dari Sentul, pengelola dana yang kocar kacir ha…ha…ha..ha...

0 komentar:

Posting Komentar