FORMULA MONEY

IF YOU WANT TO START & SUCCEED IN YOUR OWN BUSINESS, YOU SHOULD FIRST OF ALL ASK YOURSELF...



Factor 4P dalam Bisnis
Seperti diketahui bersama bahwa dalam setiap upaya untuk menjalankan sebuah bisnis beberapa factor utama yang kita kenal dengan istilah 4P. 4P yang dimaksud tersebut adalah kependekan dari istilah Product, Price, Place, Promotion. Kita akan membahasnya satu persatu secara singkat dalam sub bab berikut:

1. Product
Sebelum kita menjalankan bisnis online kita harus mengetahui dahulu product apa yang akan kita tawarkan kepada konsumen. Product tersebut dapat berupa barang atau jasa. Product tersebut juga bisa kita buat sendiri atau kita menjalankan fungsi hanya sekedar memasarkan product yang dibuat oleh orang lain.

2. Price
Setelah kita memiliki sebuah product maka langkah kedua adalah kita harus menentukan harga jual yang tepat bagi pasar yang kita bidik. Ingat kita harus menentukan harga yang tepat bagi pasar kita bidik artinya kita harus terlebih dahulu menentukan siapa target pasar kita.

3. Place
Place lebih diartikan sebagai saluran distribusi kita. Sebuah product yang akan kita jual pada suatu segmen pasar dengan harga yang tepat tentunya harus dapat dengan mudah dijangkau oleh target pasar kita.

4. Promotion
Tiga faktor P yang kita bahas belumlah mantap tanpa kehadiran P yang keempat yaitu promotion. Bayangkan saja jika seandainya ada sebuah produk yang sangat Anda butuhkan, harganya sesuai dengan keadaan keuangan Anda dan barang tersebut dijual di sebuah toko di dekat rumah Anda tetapi Anda tidak pernah mendengar tentang nama product tersebut dan fungsinya, apakah Anda akan membelinya? Rata-rata kita tidak akan membeli sebuah product yang tidak kita kenal dengan baik.

Cara untuk memperkenalkan sebuah product kepada masyarakat inilah yang disebut dengan istilah promosi. Promosi ada berbagai macam meliputi publisitas, promo penjualan, periklanan, dan juga penjualan langsung.

(Selected Readings: Facebook for Cari Duit, jubilee Enterprise; Super Networking for Sales Professionals, Michael Salmon; Online Entrepreneur, Joko Salim; Jubilee Enterprise, 63 Jenis Usaha).

0 komentar:

Posting Komentar