Marketing Competition
Anda harus mengetahui bagaimana barang anda dapat diterima pasar. Pemasaran (marketing) merupakan sebuah konsep ilmu dalam strategi bisnis yang bertujuan untuk mencapai kepuasan berkelanjutan bagi stakeholder (pelanggan, karyawan, pemegang saham). Sebagai strategi bisnis, marketing merupakan tindakan penyesuaian suatu organisasi yang berorientasi pasar dalam menghadapi kenyataan bisnis, baik dalam lingkungan mikro maupun makro yang terus berubah. Marketing harus dilihat sebagai dealing with the market yang mengharuskan marketer untuk dinamis dan intensif berinteraksi dengan market (Ali Hasan,Marketing,2008). Agar setiap Perusahaan dapat menjaga kelangsungan hidupnya, harus selalu berusaha :
- Menjadikan pemasaran sebagai konsep strategis yang mampu melakukan tindakan penyesuaian terhadap kondisi lingkungan yang terus berubah, tujuannya agar Perusahaan dapat terus hidup mengatasi berbagai tantangan dan persaingan dan mencegah kebangkrutan.
- Secara terus menerus melakukan kaji ulang untuk menciptakan nilai tambah bagi stake holder.
- Konsep pemasaran modern adalah konsep yang menganut paham bahwa kegiatan pemasaran dijalankan dengan berorientasi pada kepentingan pelanggan.konsep ini berdasarkan pemikiran yang berlandaskan asumsi:
- Pelanggan lebih mengetahui dan paham akan kebutuhannya.
- Orientasi pada kebutuhan pelanggan sebagai sasaran utama berhasilnya kegiatan .
- Riset pemasaran membantu dalam menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan secara tepat.
- Pelanggan yang puas akan melakukan pembelian berulang sesuai kebutuhannya.
- Penawaran yang kompetitif sangat penting dalam mengenal produk yang diinginkannya.
Penting untuk diingat bagaimana secara terus menerus memberikan kepuasan pada pelanggan dengan tetap mempertahankan mutu produk yang baik.