FORMULA MONEY

IF YOU WANT TO START & SUCCEED IN YOUR OWN BUSINESS, YOU SHOULD FIRST OF ALL ASK YOURSELF...

PELUANG BISNIS ITU SAMA SEPERTI BUS, AKAN SELALU ADA SATU LAGI YANG DATANG (RICHARD BRANSON) : Artinya apa?

Jawabannya mungkin anda sudah paham. Jika belum, mari ikuti obrolan ringan tentang Bisnis. Bisnis dalam bahasa Inggris ditulis BUSINESS. James G.Baylor dalam bukunya INTRODUCTION TO BUSINESS, 1983 menyatakan bahwa: "Business can be defined as echange of goods, services, or money for mutual benefit or profit "Indeed, a profit results from "excess" income over expenses as well as from a consideration of "opportunity costs". Many factors such as environmental, economic, social, technological and govermental have an impact upon the operation and success of all private business operations.
Business Profit - can be defined as that excess revenue resulting from subtracting all the costs, including taxes, from the revenue received for selling product or service in the market.

Dari definisi tersebtu diatas bisnis itu mengandung beberapa komponen yaitu:
  • Adanya transaksi pertukaran(exchange process).
  • Ada yang diperdagangkan yaitu barang,jasa dan uang(goods,services,money).
  • memberikan manfaat atau keuntungan(mutual benefit or profit).

Bisnis itu harus memberikan keuntungan. Itu mutlak. Bagaimana kalau ternyata pada kenyataannya menderita kerugian? Memang bisa saja terjadi. Tidak apa apa, ibarat bayi juga tidak langsung dapat berjalan tetapi jatuh bangun sampai akhirnya dia bisa jalan malah lari. Itulah seni bisnis, jatuh bangun anggap saja biasa, jangan langsung stres dan putus asa. Bangkit untuk bangun dan maju lagi. Pelajari kelemahan-kelemahannya. Tutup kelemahan tersebut dengan usaha baru yang lebih terencana. Buat business planning yang baik. Tangkap peluang bisnis yang prospeknya ada, susun strategi untuk memenangkan pertarungan. Kenapa demikian. Karena bisnis pada dasarnya perang."Business is War."Jangan lupa hidup dan matinya bisnis dilihat dari reputasinya dan sejauh mana kelanggengannya bermanfaat bagi konsumen dan selalu dibutuhkan. Konsumen sekarang agak manja karena banyak produk yang ditawarkan. Bila Anda tidak dapat memenuhinya, dia akan lari ketempat lain. Usahakan Anda dapat mengetahui kebutuhan konsumen dan sesuaikan produk dan service Anda dengan kebutuhan mereka. Investasi waktu dan usaha keras tanpa mengenal lelah perlu ditingkatkan untuk meraih suksesnya usaha. Timbul pertanyaan apa saja yang perlu diketahui oleh konsumen?

  • Pertanyaannya adalah apakah Anda ingin dikenal karena:
  • bisa dipercaya?
  • produk berkwalitas tinggi?
  • masalah pelayanan yang diberikan,baik?
  • masalah pelayanan,cepat dan memuaskan?
  • harga murah atau mahal?
  • apakah Anda menguasai atas barang yang dijual?
  • bagaimana kalau ada masalah keluhan konsumen?
  • apakah ada jaminan uang kembali kalau ternyata barang yang dijual kwalitasnya tidak sesuai dengan brosur?

Untuk sementara coba pelajari dan jawab pertanyaan diatas, catat dengan jujur dan teliti. Siapa tahu ada manfaatnya sebagai modal awal kelangsungan bisnis Anda. Terima kasih. Selamat berusaha.

Jkt, Saptu 16 Mei 2009. H. Erias Sumarna, Counselor.

0 komentar:

Posting Komentar