Bagaimana memenangkan persaingan usaha dan berhasil?
“Kenali dirimu, kenali musuhmu, kenali situasi”
“Know the situation, know The circumstances”
Seni berperang adalah menguasai musuh tanpa bertempur. “the supreme art of war is to subdue the enemy without fighting (Sun Tzu, War & Management).
Dalam bisnis, harus jelas apa yang menjadi arah dan tujuan yang hendak dicapai. Jika bisnis anda ingin mendapat keuntungan, fokus anda bagaimana menyusun rencana usaha yang dituangkan dalam Business Planning. Bagaimana menyusun strategi untuk menang dan berhasil, mengetahui betul kekuatan serta kelemahan internal perusahaan. Selain itu sebagai pelaku usaha harus menyelidiki kelemahan dan kekuatan lawan.
Membangun Kekuatan Bersama
Bila usaha yang dirintis masih kecil, agak berat untuk bersaing dengan usaha besar yang lebih maju.
Pilihannya agar tetap survive, bangun kekuatan baru dengan azas persamaan dan manfaat yang bisa dinikmati bersama. Contoh nyata usaha di bidang perbankan dengan dilakukan MERGER, merger antar Bank-bank Pemerintah yang kelimpungan bergabung menjadi Bank Mandiri, bank terbesar diIndonesia, kokoh dan kekal dalam permodalan, service yang baik kepada pelanggan.
Jadi sebuah koalisi (meminjam istilah elit politik ada segi positifnya yaitu :
1. Membangun kekuatan bersama
2. Membuang kelemahan dan
3. Cost Efficiency
4. Menyatukan sumber daya menjadi kekuatan baru untuk memenangkan persaingan.
5. Dalam dunia bisnis, tidak ada yang tidak mungkin untuk mempertahankan kelangsungan usaha
Ada beberapa tips yang baik :
- Perolehan keuntungan menjadi target utama
- Cari ide-ide baru dan kembangkan
- Pilih bisnis sesuai kemampuan anda
Kunci terpenting Perusahaan sukses adalah membangun bisnis dengan sehat atau sedikit kompetensi inti saja. Kesuksesan bisnis didapat dari menyediakan apa yang diinginkan konsumen. Konsumen mengeluarkan uang mereka untuk sesuatu barang yang memberi kepuasan melebihi uang yang dikeluarkan.
Tugas anda sebagai pelaku usaha adalah menciptakan nilai yang dihargai konsumen dan memberikan manfaat padanya yaitu :
“Kenali dirimu, kenali musuhmu, kenali situasi”
“Know the situation, know The circumstances”
Seni berperang adalah menguasai musuh tanpa bertempur. “the supreme art of war is to subdue the enemy without fighting (Sun Tzu, War & Management).
Dalam bisnis, harus jelas apa yang menjadi arah dan tujuan yang hendak dicapai. Jika bisnis anda ingin mendapat keuntungan, fokus anda bagaimana menyusun rencana usaha yang dituangkan dalam Business Planning. Bagaimana menyusun strategi untuk menang dan berhasil, mengetahui betul kekuatan serta kelemahan internal perusahaan. Selain itu sebagai pelaku usaha harus menyelidiki kelemahan dan kekuatan lawan.
Membangun Kekuatan Bersama
Bila usaha yang dirintis masih kecil, agak berat untuk bersaing dengan usaha besar yang lebih maju.
Pilihannya agar tetap survive, bangun kekuatan baru dengan azas persamaan dan manfaat yang bisa dinikmati bersama. Contoh nyata usaha di bidang perbankan dengan dilakukan MERGER, merger antar Bank-bank Pemerintah yang kelimpungan bergabung menjadi Bank Mandiri, bank terbesar diIndonesia, kokoh dan kekal dalam permodalan, service yang baik kepada pelanggan.
Jadi sebuah koalisi (meminjam istilah elit politik ada segi positifnya yaitu :
1. Membangun kekuatan bersama
2. Membuang kelemahan dan
3. Cost Efficiency
4. Menyatukan sumber daya menjadi kekuatan baru untuk memenangkan persaingan.
5. Dalam dunia bisnis, tidak ada yang tidak mungkin untuk mempertahankan kelangsungan usaha
Ada beberapa tips yang baik :
- Lakukan usaha yang baik dan halal
- Bersaing dalam meningkatkan mutu dan pelayanan kepada pelanggan.
- Pusatkan segenap pikiran dan usaha anda pada :
- Peluang yang datang karena peluang tidak setiap saat muncul.
- Berjualan pada barang yang laku, jangan coba mengadakan stock barang yang belum dikenal konsumen
- Perolehan keuntungan menjadi target utama
- Cari ide-ide baru dan kembangkan
- Pilih bisnis sesuai kemampuan anda
Kunci terpenting Perusahaan sukses adalah membangun bisnis dengan sehat atau sedikit kompetensi inti saja. Kesuksesan bisnis didapat dari menyediakan apa yang diinginkan konsumen. Konsumen mengeluarkan uang mereka untuk sesuatu barang yang memberi kepuasan melebihi uang yang dikeluarkan.
Tugas anda sebagai pelaku usaha adalah menciptakan nilai yang dihargai konsumen dan memberikan manfaat padanya yaitu :
- Perasaan senang memiliki barang
- Memberikan solusi atas masalah yang terjadi, semakin banyak orang yang menyukai produk anda, semakin besar pula penghasilan perusahaan.
Jakarta, 24 Mei 2009
Erias Sumarna Business Counselor.
Erias Sumarna Business Counselor.
BIOGRAPHY
Wee Chow How, Lee Khai Sheang, Bambang Walujo Hidajat, SUN TZU War & Management.
ADDISON-WESLEY PUBLISHING COMPANY, 1991
Wee Chow How, Lee Khai Sheang, Bambang Walujo Hidajat, SUN TZU War & Management.
ADDISON-WESLEY PUBLISHING COMPANY, 1991